Recent Posts


Get this widget!

Cara Mudah Mempercepat Proses Booting di Komputer/PC dengan Mengatur Boot Defragment nya



Cara Mudah Mempercepat Proses Booting di Komputer/PC dengan Mengatur Boot Defragment nya - pada postingan kali ini saya akan memberi sedikit tips tentang cara mudah mempercepat proses booting di komputer/PC dengan mengatur Boot Defragment nya. Sebelum itu, apa sobat mengerti dengan proses booting ??

Dalam komputerisasi, boot adalah set awal operasi bahwa sistem komputer melakukan ketika daya listrik ke CPU diaktifkan. Proses booting ini dimulai ketika komputer dihidupkan untuk pertama kalinya atau kembalinya energi setelah dimatikan, dan diakhiri ketika komputer siap untuk melakukan kinerjanya atau operasi normalnya. Pada komputer yang sangat modern seperti di zaman ini tujuan umum dalam proses booting ini dapat mengambil puluhan detik atau bisa sampai beberapa menit.

Itulah masalahnya, banyak sobat yang mengeluh karena proses booting pada komputer/PC nya sangat lama. Setelah saya bertanya kepada mbah google akhirnya saya dapat cara yang cukup mudah untuk mempercepat proses booting yaitu dengan mengatur Boot Defragment. Langsung saja sobat perhatikan dan jalani cara di bawah ini.

1. Boot defragment

- Dalam system, Boot defragment secara default adalah enable. Apabila pada system komputer sobat tidak enable, maka ubahlah menjadi enable. Caranya :

- Masuklah ke regedit > pilih HKEY_LOCAL_MACHINE > Software > Microsoft > Dfrg > BootOptimizeFunction, ubahlah Enable string value menjadi "Y". Setelah itu silahkan sobat keluar dari regedit lalu restart komputer sobat. Apakah ada perbedaan atau perubahan yang sobat rasakan ??

Pada beberapa situs yang saya pernah kunjungi banyak yang menganjurkan untuk menghapus file prefetch yang terletak di C:\WINDOWS\Prefetch seminggu sekali.

Sekian info dari saya, semoga bermanfaat untuk sobat sekalian...
Bagaimana pendapat sobat ???





Previous
Next Post »
Thanks for your comment